Sabtu, 28 Januari 2012

PIKULLAH KUK YANG KUPASANG

Bacaan Alkitab : Matius 11 : 28-30

Kuk adalah sebuah alat yang dikenakan pada dua binatang, yang bertujuan untuk menarik sebuah kereta, beban yang berat, atau menarik bajak. Dengan mengenakan kuk, maka tuan dari binatang-binatang ini dapat mengendalikan keduanya untuk melakukan pekerjaan yang berguna. Ada pelajaran penting dari kuk ini yakni kuk dirancang untuk dipakai oleh dua binatang, yang akan menyatukan kekuatan dua binatang tersbut untuk melakukan suatu pekerjaan yang berat. Yesus sedang berbicara kepada orang Israel yang sedang bergumul untuk memenuhi standar kekudusan Tuhan untuk dapat masuk surga. Yesus menawarkan dan mengajak mereka untuk berbagi beban berat yang mereka pikul.

Biasanya satu dari kedua binatang yang dipasangi kuk adalah yang sudah berpengalaman, sedangkan yang satunya akan belajar darinya. Yesus menawarkan kepada kita untuk menjadi murid-Nya. Yesus akan mengajar kita apa yang sudah Ia kerjakan. Yesus tidak mengajar dengan kesombongan dan tangan besi, tetapi Ia akan mengajar dengan kasih dan teladan. Buluh yang terkulai tidak akan dipatahkannya

Kuk mengajarkan kepada kita bahwa bersama dengan Yesus kita mampu memenuhi tuntutan hukum Allah. Bagian yang kita tidak biasa lakukan, akan dilakukan oleh Yesus, yaitu menanggung hukuman atas dosa-dosa kita . tatapi, bagian yang lain yang dapat kita lakukan, kita akan belajar dari-Nya agar dapat melakukannya. Yesus bukan menawarkan beban yang baru, Dia menawarkan kerja sama untuk mengangkat beban yang ada dipundak kita. Jika kita mau datang kepada-Nya dan mau bersama-sama memikul kuk yang kupasang-Nya, kita akan mendapat kelegaan dan ketenangan. Kita tidak bisa mengusahakan sendiri keselamatan kita, kita perlu Yesus. Yesus yang akan melakukan bagi kita. Dan bilamana kita mau bekerja sama dan menjadi murid Yesus , maka beban-Nya pun akan menjadi ringan. Yesus sendiri mempunyai beban yang diletakkan oleh Bapa dipundak-Nya, yaitu untuk menyelamatkan dunia ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar